Kamis, Agustus 11, 2011

SILAUIK

Dima bana kampuang Silauik
Lataknyo ditapi jalan gadang
Kalau hati alah tapauik
Lautan sati kito hadang
Daerah transmigrasi di Silauik
Bajarak saketek dari kampuang asli
Lokasinya lah dakek ka tapi lauik
Ombak maimbau dimalam hari
Kampuang Silauik jo kampuang Lunang
Jaraknyo sekitar anam kilo
Kok taragak makan jo ikan panggang
Disiko bana tuan lapeh salero
Silauik jo kampuang Lunang
Samo-samo daerah transmigrasi
Disiko mangecek jo duo bahaso
Alah bacampua tempe jo randang
Bagalinco gudeg jo kalio ati
Mancapak makan Malin Mancayo, hehe...
Kok bajalan disiko dimalam hari
Usah tuan bimbang jo ragu
Turuik i sajo pituah rang tuo-tuo
Kok ado tadanga langkah mairiangi
Itulah langkah inyiak panunggu
Kakawan tuan supayo jalan baduo
Jo inyiak balang usahlah takuik
Karano inyo bukan nak manangkok
Sakadar mairiang dari bulakang
Cuma dek awak raso ka kalua isi paruik
Lah balapuih-lapuih rasonyo angok
Darah pangguruah malenggang-lenggang
Dituruti sajo pasan nan tuo-tuo
Insya Allah badan salamaik
Bajalan malam pasal biaso
Urang didunia banyak kiramaik
Kalau tuan nak ka Bengkulu
Lubuak Pinang pintu gerbangnyo
Mereka mangecek jo caro awak
Samantaro Ranah bundo tacinto pamit daulu
Kito sambuang pulo jo serial nan katibo
Untuang-untuang lapeh rindu jo taragak

Rabu, Juni 29, 2011

UNTUK SESE'ORANG YG JAUH DISANA.

Aku bahagia mendengar suara
nafasmu
meski hanya dibalik telpon Rasanya
seperti kau ada di sisiku
Aku tersenyum mendengar tiap
pesanmu meski itu hanya di SMS Sepertinya kau
sedang bicara denganku
Aku sedih tiap melihat raut wajah
marahmu
meski itu hanya sebuah icon
Kurasakan kau sedang marah padaku benar-benar nyata dihadapanku
Aku tahu Allah menciptakan kita
berbeda
bahkan kita dtempatkan ditempat
yang terhalang lautan
Tapi aku berharap… Hatiku -hatimu terikat benang merah bernama
sayang
diikat simpul ditiang kesabaran
ditutupi kain kejujuran
dimana setiap hari selalu ditabur
bunga-bunga keikhalasan Aku bahagia meski tak bisa melihatmu
saat kubuka mata
tak bisa memeluk dengan kedua
tangan saat aku dalam nyata
tak bisa mengecup keningmu dengan
senyuman Kuakui… aku menunggu saat-saat itu Dan kini
aku bahagia karena bisa melihatmu
sambil menutup mata....

Senin, Juni 27, 2011

CARA MENGETAHUI KUALITAS HP NOKIA

Ada cara untuk mengetahui kualitas
dari hp bermerek NOKIA . Pertama-tama buka penutup baterai
sama baterai hp kamu , atau ketik *#
06# dari hp kamu. Disana ada
terdapat kurang lebih 15 - 16 angka
yg sering juga disebut dengan IMEI.
tandai angka ke -7 dan ke -8 karena , dari angka tersebut tersimpan rahasia
kualitas atau kode negara yg buat hp
sobat.
Dan untuk keteranganya adalah
sebagai berikut :
1. Angka ke 7-8 hp kamu 20 atau 02 (berarti buatan Asia) kualitas hp
kamu jelek .
2. Angka ke 7-8 hp kamu 08 atau 80
(berarti buatan Jerman) kualitas hp
kamu Tidak terlalu jelek .
3. Angka ke 7-8 hp kamu 01 atau 10 (berarti buatan Finlandia) kualitas hp
kamu Bagus.
4. Angka ke 7-8 hp kamu 00 (berarti
buatan Prancis) kualitasTerbaik.
semoga bermanfaat

Minggu, Mei 15, 2011

Pulkam kemaren tgl 15/04/2011

Akhir nya Q pulang kampung jg sebelum waktu 5th yg d target kan..! Ini drama pulang kampung Q, langsung aja ya @ beberapa mingg yg lalu, sekitar bulan maret. Aku d kenalkan pada se'orang wanita oleh saudariku di kampung, dan kita kenalan lewat hanphone, kita sering telfonan dan zmz'an, karena sering tlfnan, kita jadian lewat hp... Untk melihat wajah kita masing2 kita tukar foto lewat pesan multimedia(MMS) kisah berlanjut antara kita ada kecocokan, dan ortu nya cewe Q ini jg setuju... Untk lbh jelas nya Q inggin ketemu lasung sama dia... Dan aku bilang aku mau pulang dan ktemu dia... Aku tetap kan waktu mau pulang pada tgl 15/04/2011 kemaren. Pas tgl 15 hari jumat pagi2 Aq siap menuju kampung halaman Q pariaman. (Selamat tinggal pandeglang) dari pndeglang aku naek ojek menuju merak dgn ongkos 60rb. 1jam kmudian aq smpai jg d merak, d merak ada sekitar 2jam aq menungku mobil yg menuju padang, akhir nya mobil dapat, ya mobil baru(profit) dgn ongkos 180rb. ya stelah sampai sebarang d lampung hari udah gelap, dan perjalanan tetap d lanjutkan sampai jam 11malam. Kita istirahat sampai pagi d rumah makan. Pg nya perjalanan kita lanjutkan, dan ada kabar jln lintas tengah ptus, lintas timur macet bngat. Dan pak sopir memutus kan ambl jalur selatan, ya jalan sepi, dan dalam hutan lindung bkit barisan, tapi ga apa2... Kita kan ada 7mobil kompai.... Walapun sepi tapi pemandangan nya bgus bangat, habis hutan kita jalan menyisir pantai lagi... Kita d perjalanan menuju padang selama 4hr. Tapi selama d perjalanan asik bngat. Serasa pergi picnik geto. Mungkin karna penumpang nya aku sendirian ja dan duduk d depan lagi, ohya mobil nya toyota avanza. Stelah 4hr brlalu aq sampai jg d padang jam 12malam. Ya pagi aq star lg menuju pariaman naek mini bis tarang bulan, sampai d simpang kotomambang ku treak minggir dan qu turun, byar ongkos 10rb lagi, dan lasung naek ojek mnuju desaku sei kasikan dgn ongkos 6rb. Sampai rumah jam 8pagi tgl19. qu istrahat sampai esok siang... Pagi2 selasa badan udah segar, ntar siang mau ke pariaman. Mau ketemu cewe Qu, ya kita pertama ketemu d simpang jaguang, kita janjian ktemu d sini... Sekitar 5menit ku menunggu. Cewe qu datang juga. Ya itu dia turun dari angkot putih.. Aq udah nungguin dia dr warung seberang jalan nya... Tapi dia gak mau lasung nyebrang, dia berdiri sambil mencet hape. kriiing... Hp ku berdering, dek dak dik duk bunyi jantung qu, rupanya dia tlf ke aku, dalam hati pasti ini org nya, CANTIK. GAK sperti foto d MMS. Telfon gak aku angkat, lasung aja aku pangil dia dr sbrang jln. Di nyembrang dan nyalamin aq sambil nanya udah lama, trus aku jwb brusan... Dan kita duduk di warung dulu. Dan crita2. Dia blilang d seblah warung itu adalh rumah teman skul nya, dan kbetulan org nya jg ada, trus di panggil, dia datang, eh ternyata org nya jg kenal sama aq. Teman Q d facebook, nama nya Icha rang kamex caniago. Ktemu jg jadinya teman maya d real... Singkat crita, udah lama ngobrol kita pergi ke kota pariaman ke pantai gandoriah. Dan kisah berlanjud sampai ke acra pertunangan, dan inshoallah hajatan rencana tgl 15,16/10/2011 nanti. Doain ya buat teman2 yg berkunjung ke blog ini.

Sabtu, April 09, 2011

tipe cewex idaman ku

yang aku inginkan bukan gadis
manja,suka foya2,tak pnya tata
krama,tak pnya etika,brpakaian pengbral
dosa,penabur pesona,brlidah
petaka,suka brdusta. Tp aku ingin
memiliki gadis yg tegar dlm
menghadapi problema,pnyabar,dpt
mengrti keadaan,pnya etika,sopan dlm
bicara,santun dlm
brtindak,jujur,bijak,bs mmbesarkn
prasaanku ktka aku lemah,trjatuh...

Senin, Maret 28, 2011

Handphone facebook qwerty china,antara gengsi dan korban mode

Beberapa
hari yang lalu teman ada membeli salah satu
ponsel qwerty china bermerek I**.
Wah keren juga,layar cukup lebar,dengan
tombol qwerty. .Bisa bergaya dengan hp
itu . .He he . .
Terus dia tanya
“Edy, gimana caranya buka facebook di
hapeku?”
setelah kulihat menunya,walah. . .Hape apa
ni . .ikon Menunya asal-asalan .Pantasan
murah,
Memang ada icon Facebook dan begitu ku klick,
loadingnya lama amat. .
Dan memang gak bisa2.
Menu YM yahoo messenger> tapi gak jelas
gunanya untuk apa? Tapi kayaknya untuk
chating di web Yahoo. .Chating di web YM tidak
praktis karena tidak realtime,jadi pesan yg
masuk dan keluar tidak langsung terkirim.
Terkesan beberapa fitur memang ditanamkan
secara asal,cuma memenuhi target iklan saja.
Terus teman yang satu lagi punya hape
NE**** ,nah yang ini lebih beruntung, bisa buka
Facebook tapi sayang tidak bisa membuka
halaman web yang agak besar. . Memory
penuh,agaknya memoryRAM hape itu kecil.
Padahal kapasitas memory eksernal hape itu
besar ampe 2 giga.
Untuk buka FB aja macet,apalagi chating yang
butuh RAM yang besar.
Masih lebih mending hape nokia butut
saya,walau jadul tapi bisa
fban,chating,email,bahkan ngeblog juga
bisa . .Padahal kemarin sempat tertarik juga
membeli hape2 china yang fiturnya cukup
menggoda itu..
Mungkin banyak teman yang punya
pengalaman kayak diatas.Ya,karena booming
facebook membuat semua kena
demamnya,bahkan sampai ke desa2.Hape2
qwerti murah merek china pun
bermunculan.Dengan fitur2 yang sebanding
dengan hape original seharga 2 jutaan.
Tapi agar tidak menyesal ada baiknya teliti
sebelum membeli.Lihat dan pelajari
fitur2nya, . .
Oke saya juga akan memberi sedikit tips
membeli ponsel untuk FBan .
sebelum membeli sebaiknya cari info
dulu agar tau hape jenis apa yang mau
dicari dan sesuai keperluan.Info bisa di
cari di internet atau majalah.
sebaiknya pilih hape yang RAM (random
acces memory) atau memory internal
nya yang besar .Karena Facebook-an
apalagi chating bisa menghabiskan RAM
hape, kalau RAM hape sudah habis maka
hape jadi lambat dan ngeHank.
Tak mau kan lagi enak2 chating hape jadi
macet?
Kebanyakan hape qwerty china yang
murah melupakan yang ini,jadi chating
akan terganggu,apalagi harus isi ngerum
kayak mig33 n nimbuzz . .
selain fitur fb n chating yang perlu
diperhatikan adalah apa hape yang kita
beli itu sudah supportJAVA? Karena bila
tidak support, maka hape tidak bisa di
tambahkan aplikasi atau game2java
seperti operamini dll,
jangan lupa dengan fitur2 yang lain
seperti 3g,wifi,video recorder dll.Karena
demam facebook pasti hanya sesaat,bila
sudah bosan maka hape nya masih
bermanfaat.
jangan cepat tergoda dan mengikuti
jaman,kalau hape anda yang sekarang
sudah suport java,itu berarti sudah bisa
digunakan untuk fban dan chating,jadi
untuk apa membeli hape baru
lagi.Apalagi hanya demi ngikutin trend.
jangan tertarik harga murah,
kalau punya dana lebih,sebaiknya belilah
hape bermerek resmi walau harganya
lebih mahal.
Anda punya hape apa saat ini?Mau Facebook-an
dan chating?Silahkan ajukan di post
comment,mungkin saya bisa membantu, apa
hape anda sudah bisa digunakan chating atau
fban.Jadi tidak perlu hape baru yang kualitasnya
belum tentu bagus.Jadi kesimpulan nya adalah,
facebook di hape qwerty memang lagi
trend saat ini,tapi tidak salahnya kita lebih
berhati2 agar tidak salah pilih.
Semoga bermanfaat.

Kamis, Maret 17, 2011

Balagu ciek lu

Sapandai-pandai tupai malompek
Sakali-sakali nyo ka jatuah juo
Sapandai-pandai adiak babuek
Alah pasti nyo ka tau juo
Acok den danga kicauan buruang
Namun kicauan ndak den acuahkan
Den tutuik talingo jo tapak tangan
Buliah ndak rusak hati denai ko
Tapi kini apo tajadi
Adiak manjalin jo banang kusuik
Hilang sudah picayo diri
Sandaran tapian tabaok hanyuik
Santiangnyo adiak basilek kato
Tasangkuik juo cinto jadinyo
Samiang kini denai ndak picayo
Kasiah nan adiak dutoi
Sapandai-pandai tupai malompek
Sakali-sakali nyo ka jatuah juo
Sapandai-pandai adiak babuek
Alah pasti nyo ka tau juo
Acok den danga kicauan buruang
Namun kicauan ndak den acuahkan
Den tutuik talingo jo tapak tangan
Buliah ndak rusak hati denai ko
Tapi kini apo tajadi
Adiak manjalin jo banang kusuik
Hilang sudah picayo diri
Sandaran tapian tabaok hanyuik
Santiangnyo adiak basilek kato
Tasangkuik juo cinto jadinyo
Samiang kini denai ndak picayo
Kasiah nan adiak dutoi.......

Sabtu, Februari 26, 2011

Adat minang. KATO NAN AMPEK DLL nyo

Kato Nan Ampek
Adapun nan dikatokan Kato Nan Ampek:
1. Kato Pusako
2. Kato Mupakaik
3. Kato Dahulu Batapati
4. Kato Kemudian Kato Bacari
1. Adapun yang dimaksud dengan Kato Pusako
ialah: Meletakkan sesuatu pada tempatnya.
Misalnya rumah nan Basandi batu. Adat basandi
alua. Itulah Nan Banamo Kato Pusako,
2. Adapun yang dimaskud dengan Kato Mupakaik
ialah: Kato nan Bacari Sekarang, ataupun hasil
pencarian orang yang ahli akal dalam majelis
medan bicaro, mako di syahirkan kepada orang
banyak sekarang itu juga dan disudahi pado
waktu itu juga.
3. Adapun yang dimaksud dengan Kato Dahulu
Kato Ditapati ialah: Nanlah sudah dalam Syarak
yang maha mulia atau pancarian dalam adat yang
piawai tetapi tiado sampurno di waktu itu juo.
Adapun diperbuat janji, sampai janji itu
ditepati.sampai dimana janji itu.
4. Adapun yang dimaksud dengan Kato
Kemudian Kato Bacari ialah: Kato hampir-hampir
sudah dapek datang pulo sesuatu hajat di
diperbuatkan janji. Sampai janji itu, dicari pulo
hingga janji itu diperbuat.
Undang-undang Nan Empat
Adapun Unndang-undang Nan Empat:
1. Undang-undang Luhak
2. Undang-undang Nagari
3. Undang-undang Urang Dalam Nagari
4. Undang-undang Urang Dalam (Undang-
undang 20)
1. Adapun yang dikatokan dengan Undang-
undang Luhak, ialah: Luhak nagari Nan
Bapanghulu, Kampuang nan Batuo, Tagak Nan
Tak Tasunduak, Malenggang Nan Indak
Tapampeh ialah dua perkara:
1) Maso Nagari Badamai
2) Maso Nagari Baparang
Adapun Maso Nagari Badamai ialah : 1) Ilmu, 2)
……… , 3) Rajo, 4) Penghulu, 5) Kamanakan, 6)
Anaknyo, 7) Perempuan urang, Imam, 9) Jamu
Bajapuik, 10) ……………., 11) Juaro Bajapuik, 12)
Pasumando, 13 Jawi-Kabau, 14) Anak Pado Suatu
Nagari, 15) Si Bapak, 16) Si Mandeh, 17) Orang
dipanggil, 18) Dukun Pandai Obat, 19) Tukang
Gandang, 20) Guru dan Murid
Adapun pado Nagari Baparang, ialah sapuluh
perkara: 1) Ilmu, 2) ………….., 3) Rajo, 4) Penghulu,
5) …………….., 6) Urang dipanggia, 7) Anak
dengan Bapak, 8 Guru dengan Murid, 9) Dukun
Pandai Ubek, 10) ………………,
2. Adapun Nan Kaduo ialah Undang-Undang
Nagari Nan Dikato Undang-undang Rumah
Tanggo: Balai, Musajik, Korong Kampuang,
Labuah, Tapian, Parik Rantang Nandi Bakal
3. Adapun Nan Dikato Undang-undang dalam
Nagari: 1) Salah Cancang mambari bangun
pampeh, 2) Salah Bunuh mambari bangun, 3)
Salah Ambiak Mengembalikan, 4) Salah Makan
Mamuntahkan, 5) Utang Babaia, 6) Piutang
Batarimo 7) Ciwarang Baragiah, barabuak
bakatangahkan, basalahan bapatuik, gaib
bakalamullah Jail Bamidahkan, salah bakaadaan,
utang batarimo, takuruang mati, tatando bayang-
bayangan kalamullah.
Jikolai tapatuahi nan sapanjang tasabuik dalam
undang an salapan
4. …………….. ?
Undang-undang Nan Salapan
Undang-undang Nan Salapan itu adalah:
1. Dago Dadi
2. Sumbang Salah
3. Samun Saka
4. Maliang Curi
5. Tikam Bunuah
6. Tipu Tepok/ ………….
7. Upeh Racun
8. Sia Baka
1. Adapun yang dikatokan dago ialah: Melawan
pada barang yang tidak patut dilawan. Adapun
yang dimaksud dengan dagi ialah: orang yang
telah melakukan perlawanan kepado yang tidak
patut dilawan. Jadi Dago0dagi ialah orang yang
sudah melanggar dua kesalahan yaitu perlawanan
kepada yang tiado patut dilawan.
2. Adapun yang dimaksud dengan kato
sumbang, ialah barang sesuatu pekerjaan yang
tiadao patut dilakukan, atau dikerjakan dan yang
dimaksud dengan pekerjaan salah yaitu orang
yang melampaui larangan. Jadi sumbang salah
ialah orang yang telah melakukan dua kesalahan.
Satu dia telah mengerjakan yang tidak berpatutan,
dua dia telah melampaui larangan.Sumbang yang
Boleh Dihukum: Yaitu menyalahi akan segala laku
perangai dan piil yang menyakiti hati orang lain,
yakni perbuatan yang memberi malu orang.
Adapun sumbang yang tidak dihukum: Yaitu
segala sumbang yang tidak merusak atau
merugikan orang lain. Yang dapat kita lakukan
hanya sesat surut; berobah dibaiki. Misalnya salah
meletakkan kancing baju; yang besar dipasangkan
ke yang kecil atau yang diatas terpasang di bawah
dsb.
3. Adapun yang dimaksud dengan samun, yaitu
orang yang sengaja menghambat orang lain
pada suatu tempat dengan menggagahi orang itu
dengan sebab yang tidak patut, mungkin hanya
untuk memperlihatkan gagahnya saja atau
beraninya saja. Yang dimaksud dengan Saka.
Ialah orang yang menghambat orang disuatu
tempat serta menganiayanya yang hujudnya,
mengambil kekayaannya. Rebut rampas; hela
hunjam masuk juga kepada bilangan samun
saka.
4. Adapun yang dimaksud dengan kato maliang;
ialah orang yang mengambil harta benda orang
lain yang terletak dalam tempat simpanan atau di
lingkungan kediaman orang itu, diambilnya
barang itu dengan sembunyi, diluar
sepengetahuan orang yang punya, siang atau
malam hari. Curi: ialah orang yang mengambil
harta benda orang lain dengan sembunyi, di luar
sepengetahuan yang empunyanya. Yang mana
barang itu terletak di luar tempat simpanan yang
empunyanya dan maling itu, tiadalah takluk
kepada orang lain yang memaling barang-barang
atau harta benda orang saja.
5. Adapun yang dimaksud dengan Tikam: yaotu
orang yang mengamukkan senjata kepada orang
lain atau binatang yang masih hidup sampai luka
denga tikaman itu ataupun tidak yang dimaksud
dengan kata bunuh: ialah membikin orang mati
atau mematikan orang ataupun binatang yang
bernyawa dengan sengaja meskipun dengan apa
jua pun dilakukannya. Mematikan orang atau
binatang itu: dengan senjata tajam atau tidak
dengan barang yang keras atau pun dengan kaki
tangan, dengan tali, air, api atau yang lainnya
yang menyebabkan orang mati (binatang mati).
6. Adapun yang dimaksudkan dengan perkataan
kicuh: ialah orang yang melakukan akal jahat
dengan jalan mengumbuk mengumbai, menipu,
menepok orang supaya mendapat suatu barang,
kepunyaan orang itu, baik pun pekerjaan itu
dilakukannya untuk orang lain yang
dimaksudkannya, maka itu masuk kepada
bilangan kicuh atau mendusta. Demikian juga
orang yang hendak berlepas diri dengan akal
jahat dal suatu hal. Yang dimaksud dengan
perkataan Kincang: ialah orang yang melakukan
akal jahat dengan tipu daya muslihat yang tiada
baik yaitu dengan akal jahat yang dimaksudnya
hendak menganiaya orang yang dikincang itu
atau barang orang itu sama ada barang yang
diperkincang hanya itu, untuknya atau untuk
orang lain, yaitu dengan jalan memperbelok-
belokkan, melindung-lindungkan barang orang
itu, supaya barang itu hilang atau jauh dari yang
empunya atau tersembunyi yang dimaksudnya
barang orang itu jatuh kepadanya atau kepada
orang lain yang dimaksudknya, maka dalam hal
kincang kicuah ini adalah perbuatan kesalahan
yang sanat besar.
7. Adapun yang dimaksud dengan perkataan
upeh: ialah suatu barang yang berbisa, yang
menyakitkan orang lain (orang yang
memakannya) yang sakitnya berlama-lama. Yang
dimaksud dengan perkataan racun: ialah suatu
makanan yang berbisa, kalau ter makan.
Siapapun dapat memberikan sakit dengan
seketika yang memakan itu dan boleh mematikan
orang yang termakan racun itu dengan selekas-
lekasnya. Jadi upeh racun: ialah dua macam
makanan yang berbisa yang kalau termakan
boleh membunuh dengan seketika pada orang
yang memakannya.
8. Adapun yang dimaksud dengan kata sia (siar):
ialah menyamu dengan api yang sedang
menyala, disamukan pada barang (benda yang
disia itu). Dan bakar: ialahmenyamu atau
memanggang suatu barang sampai hangus,
sama ada dilakukan pembakaran itu dengan api
yang sedang menyala ataupun belum menyala
yang timbul menyala itu kemudian pada barang
yang dibakarnya itu. Meskipun tidak bernyala,
tetapi sudah jadi.
Undang-undang Dua Puluh
Adapun yang ka empat adalah undang-undang
dua puluh. Undang-undang yang dua puluh itu
dikeluarkan delapan (terdiri dari 12 dan
Yang delapan menentukan namo kejahatan. Yang
12 itu ialah menentukan yang punyo piil
memperbuat kejahatan.
Yang 12 itu terbagi pula dua yaitu 6 yang dahulu
ialah pencari jalan induk. Enam berikutnya
bernamo undang kemudian ialah pancari jalan
cemo
Undang-undang Nan Salapan
1. Tikam bunuh
2. Samun saka
3. Upeh racun
4. Sumbang salah
5. Lincang kicuah
6. Maling curi
7. Rebut rampas
8. Dago-dagi
1. Adapun yang dikatakan tikam, ialah: Piil yang
menyakiti, dan yang dikato bunuh ialah piil yang
menghilangkan nyao
2. Adapun yang dikatakan samun, ialah: Piil yang
menyakiti hendak mengambil barang orang
(harta yang dikato saka ialah: Piil yang
menghilangkan nyao untuk mengambil harta
orang.
3. Adapun yang dikatakan upeh, ialah: Memberi
makanan yang menyakiti badan yang dikato
racun ialah: Memberi makanan yang
menghilangkan nyao orang.
4. Adapun yang dikatakan Sumbang, ialah: Piil
atau kelakukan yang tidak senonok
(seumpamanya). Adapun yang dikato salah, ialah:
laki-laki menyeratai perempuan orang lain yang
bukan istrinya.
5. Adapun yang dikatakan lancang, ialah:
Memuliakan barang yang hino. Adapun yang
dikatakan kicuah, ialah: Mengubahi dari nan
sabanyo.
6. Adapun yang dikatakan maling, ialah:
Mengambil harato orang orang di dalam
simpanannya, tidak diketahui orang yang punya.
Adapun yang dikatakan curi, ialah: mengambil
harta orang lain di luar simpanannya dengan tidak
setahu yang punyanya.
7. Adapun yang dikatakan rabuik, ialah:
Mengambil harato orang dengan kekerasan.
Adapun yang dikatakan rampeh, ialah: Mengambil
harato orang beserta melarikan.
8. Adapun yang dikatakan dago, ialah:
Membantahi adat nan biaso dan yang dikatakan
dagi, ialah: mambuek hiru biru dalam nagari
(membakar, menyerang, menyuhung paramajo).
Dan yang dikatakan sumbang, ialah: menyarato
istri orang lain: cabur-cabir, mahuk-mahang,
mahung-marempeh, marampok karumah
tangga urang. Segala piil itu ialah kelakukan yang
tidak saumpamonyo yang tidak balaku dengan
adat atau barang sabagainyo yang menjadi
larangan dalam nagari.
Undang-undang Nan 6 Dahulu
Undang-undang nan 6 dahulu ialah yang
menunjukkan jalan, terbaiti dan tuduh.
1. Talalah takaja
2. Tatando tabaiti
3. Tacancang tarageh
4. Taikek takungkuang
5. Tatambang ciak
6. Tatangkok dengan salahnya
Waktu dianya melakukan kejahatan itu tertangkap
dirinya beserta barang yang dicurinya itulah yang
dikato:
Ayam putiah tabang siang
Tidak buliah batidak lai
Apabila undang nan salapan itu tersangkut oleh
undang-undang nan enam dahulu. Dakwanya
tuduh: hukumnya jatuh kepada izab.
Undang-undang 6 Kemudian
1. Basuriah-suriah bak sipasin
2. Bajajak bak bakiak
3. Tabayang tatabua
4. Bajajak barunuik
5. Kocondongan mato rang banyak
6. Katiko anggang inggok atal (aka) jatuah.
1. Adapun yang dikato: Basuriah bak sipasin.
Bartamu seorang oleh orang lain nan bak raso
ado seorang- menyandang (mengepit,
menjinjing, malam atau siang waktu orang
kemalingan.
2. Adapun yang dikato: Bajajak bak bakiak
Bartamu urang lain pada tampaik larinyo
sipencuri itu.
3. Adapun yang dikato: Tabayang tatabua
Tarang kaba itu tandonyo.
4. Adapun yang dikato: Bajajak Barumuik
Hilang jajak putuih rumuik pado suatu rumah
atau suatu kampung/tempat.
5. Adapun yang dikato: Kacondongan Mato rang
Banyak
Balain ruponyo daripado biasonyo, umpamonyo:
sebelum urang kemalingan dianya hidup miskin.
Tahu-tahu diketahui oleh masyarakat banyak, dia
mendadak kaya.
6. Adapun yang dikato: Katiko anggang hinggok
atal (aka) jatuah
Yaitu saat-saat dia berada di tempat itu orang
kehilangan atau saat-sat dia berada di situ orang
kebakaran, dll
Apabila undang-undang nan salapan itu
tasangkuik oleh undang-undang nan anam
kemudian. Jadilah dakwanyo cemo (lebih ringan
dari pada tuduhan). Hukumnya jatuh kapado
basumpah. Adapun undang-undang nan duo
baleh itu. Kemudian dijalankan kenyataan dari
padanya nan teraniayo yaitu: kenyataan tatikam
bunuh. Badarah taserak bangkai, tajelo samun
saka, padang badarah, upeh racun, sia baka,
sumbang salah dalam ( ) lancung kicuah ( ),
rabuik rampeh, lapia tapakiak, maliang curi jikalau
mengatakan kamalingan, dinding tidak ( )
umpang-umpang, tidak takanak, lantai tidak
baliang, sugi tidak tatagak dengan mangatokan
kahilangan mata terbayarlah orang itu dalam
rumah nan ( ) seperahu.
Nan satungkuih bao nasi jikalau ada urang kalua
dengan tersembunyi atau lari harus ( ) tuduh
kapado urang itu maka ditanyokan pulo nagari
nan ampek:
Nagari Nan Ampek / Koto Nan Ampek
A. Pertama : Koto (tempat yang mula-mula dihuni
atau ditunggui)
B. Kaduo : Taratak (sudah dibuat parit atau batas)
C. Katigo : Dusun (sudah ada dubalang dan
mesjid)
D. Kaampek : Nagari (sudah ada mesjid dan balai
adat)
3. Adat yang teradat
Yang dikatakan Yang Ter Adat ialah yang tepakai
dai dalam dan Seluak ataupun di dalam Salareh
atau di dalam nan Sanagari ialah yang dinamakan.
Cupak nan Sapanjang Batuang. Di situlah terpakai
Pepatah orang tuo-tuo. Dimana batang Taguliang
di situlah Langik dijunjuang. Dimano Nagari di
Tunggui Disitulah Adat dipakai.
4. Adat istiadat
Yang dikatakan Istiadat ialah adat jahiliah yang
terlarang di dalam nan sabana adat, seperti :
manyabuang, berjudi, Badaua dan Bagalanggang.
Basorak-sorak. Basorai-sorai, Basaluang dan
Barabab dan lain-lainnya.
Buku ini kepunyaan Angku Datuk Tumangguang
Sati. Di salin dari kita Angku Dt. Indomo Marajo
Suku Tanjuang. Koto Gadang lareh Enam Koto.
Ditulis oleh labai Bagindo, Muhammad Idris maso
Hijrah 1338

Jumat, Februari 04, 2011

jalan2 dg KA sumbar

“Naik kereta api tut tut tuuut…
Siapa hendak turuuut…
Ke Pariaman dan Padang Panjang…
Bolehlah naik dengan percuma…
Ayo kawanku lekas naik,
Keretaku tak berhenti lama.”
Begitulah bait lagu yang dahulu cukup terkenal
tentang kereta api. Sumatra Barat merupakan
salah satu propinsi yang cukup kaya dengan
lingkaran rel kereta api yang melewati daerah-
daerah kaya akan sisi wisatanya. Misalnya saja,
jika naik kereta api dari Padang ke Pariaman,
maka kita disuguhkan dengan pemandangan
alam dan pantai yang asri. Jika diteruskan ke
Padang Panjang, maka disuguhkan dengan
pemandangan yang lebih eksotis lagi dan tepat di
depannya melewati lembah anai yang sangat
indah untuk dinikmati oleh mata.
Pemandangan alam seperti ini tidak akan di
jumpai di tempat lain. Sungguh ini merupakan
suatu kekayaan yang mesti kita banggakan dan
kita lestarikan.Jika kereta api ini diaktifkan hingga
ke Bukittinggi, Solok, Sawahlunto, maka kita akan
melihat betapa indahnya kekakayaan alam
Sumbar dengan kekayaan objek wisata yang
dapat dilihat langsung dari atas kereta api.
Mungkin sebagian kita belum tahu, bahwa
sepanjang pinggir Danau Singkarak dilalui oleh rel
kereta api.Begitu besarnya potensi wisata yang
dapat dibanggakan jika kereta api wisata ini dapat
aktif sampai ke Sawahlunto. Namun sayang, saat
ini baru aktif rute Padang – Padang Pariaman, dan
rute Padang – Padang Panjang yang diaktifkan
kalau ada permintaan khusus saja.