Powered By Blogger

Rabu, November 21, 2018

*INDAH NYA WAKATU KENEK2*

Dilakang rumah saya ada sawah yg sangat lawas sejauh mata memandang. Sawah sado alah nya, disubalik sawah itulah batang air tempat saya mandi berlumba sama kawan2.

Di tepi batang air banyak parak pisang. Saya paling suka makan pisang lidi. Saya lihat buah nya sudah mulai mengkal. Saya dongkak batang nya, langsung rebah, sudah tu saya tutup buah nya pakai daun. Saya peram dulu 3 hari. Setelah 3 hari, pisang ku sudah masak menguning semua. Saya makan dua sikat sehari, sampai habis.

Setiap kebatang air, pisang saya selalu ada. Entah siapa  yg punya, pokoknya saya lapir saja. Sesekali saya juga makan buah kelawi, dibakar bersama sama. Batang kelawi ada yg rendah ada yg tinggi, kalau rendah, ditunja saja pakai buluh. Kalau tinggi, dipungkang saja pakai kayu.

Kalau mandi di batang air, yg paling lasuh itu ketika maloncat dari atas batang sikalabuk. Kadang2 ada yg patah dahan nya. Berlambin masuk tang air, karna air nya deras, saya bersihanyut saja kebaruh. Karna masih beraja berenang.

Ada juga mandi di tang air itu sambil main endek-endek an di batang kerambil condong. Di tempat saya dulu ada batang kerambil di tembak patus. Rebah ke tepi batang air. Disitulah kami main endek-endek an.

Dan kadang2 kami main siluncur di tepi tebing. Bersiluncur pakai pelepah daun kerambil. Klo ini lain pula lesuh nya. Karna lesuhnya, serawa sikola sampai tembuk di balakang nya, karna melalas main siluncur.

Penat main siluncur, kadang kami main sipak tekong. Siapa yg kalah berlasit, dia yg menjaga tekong nya. Kawan2 yg menang, mandap semua. Ada yg mandap di lubang pisang, di balakang dapur. Di balik batang kerambil. Ada juga di dalam tebat yg belum ber air.

Saya dulu pernah mandap di balakang dapur. Saya tidak tau disamping dapur ada kadang ayam.. eeeeee malah terpijak cirit ayam sama saya. Baun nya mengketundak, sakik hidung di buat nya.

Sementara saya harus menapung tekong sambil berlari. Saya berlari citing sangat waktu itu. Rupanya kawan saya yg menjaga tekong ini agak kerong juga, alias ciluh aka nya. Di buyut nya tekong pakai batu. Ketika saya tapung tekong nya.

Saya lansung terkeluk-keluk. Kaki saya sakit, sampai melatur ampu kaki saya. Karna saya kesal, saya paka kepala nya. Sampai melulung dia pulang. Saya lari juga pulang, daripada di sarang amak nya saya. Bercarut bungkang amak nya....
......bertele jadinya..

😂🤣😆

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Berkomentar lah dengan sopan...